Jl. HR. Boenyamin No. 16-17
Purwokerto Utara
0281-641338
0822-2637-3666

Masih Banyak BUMDes yang Kebingungan

Oleh: Mulkan Putra, HC.

Beberapa kali bersama tim, saya roadshow ke BUMDes dari desa satu ke desa lainnya. Motif nya, kami pengen tau apakah BUMDes ini telah siap untuk menjalankan misi ekonomi dan sekaligus memberikan manfaat sosial di masyarakat desa tersebut.

Dari riset sederhana saya, diantara ragam jenis bisnis, hampir seperempat BUMDes memilih untuk bisnis pariwisata. Sisanya, 20% menjalankan bisnis simpan pinjam melalui BKD, 10% menjalankan bisnis di sektor pertanian (perkebunan, peternakan maupun sumberdaya tumbuhan). Lantas, 45% lainnya MASIH BINGUNG!

Seperti halnya yang terjadi saat saya kunjungan di desa ini, desa yang tidak jauh dari kaki gunung Slamet. Pertama kali diajak ngobrol, mereka berkeinginan untuk membuka wisata desa dengan membangun air terjun kecil. Pertemuan kedua yang kebetulan ada pelatihan antar desa, mereka berkeinginan untuk membuat retail. Lantas, yang terakhir ini saya berkunjung, mereka pengin bikin bank sampah.

Berhadapan pada fakta tersebut, kemudian saya menyampaikan tentang skema bisnis yang dapat dilakukan oleh BUMDes. Mulai dari proses kelembagaan yang disiapkan, hingga permodalan dan penunjang operasional serta infrastruktur nya.

Dan pada sesi akhir: “Pak-Bu, BUMDes ini lembaga untuk membentuk potensi ekonomi masyarakat di desa. Kalau bingung terus, mau jalan kapan? Jalankan BUMDes layaknya kita mengelola bisnis. Ada rencana, proses, dan evaluasi. Itu koridornya, BUMDes adalah (juga) sebagai lembaga bisnis!”. []

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *